JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Studi Kasus Penerapan Sistem Informasi Manajemen untuk Meningkatan Mutu Pembelajaran di SMP Negeri 19 Takengon

Nora, Hestya Fitri (Unknown)
Marsithah, Iis (Unknown)
Fatmi, Zuraida (Unknown)
Hajar, Ibnu (Unknown)
Astutiani, Astutiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penerapan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 19 Takengon. Metode penelitian ini adalah kualitatif. SIM bertujuan untuk memungkinkan para pelaksana pendidikan untuk menjalankan tugas mereka dengan baik dan benar. Selain itu, SIM juga dirancang untuk membantu pemimpin lembaga pendidikan dalam mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Dengan bantuan SIM, para pengelola pendidikan dapat mengakses informasi yang relevan dan akurat mengenai berbagai aspek operasional dan administratif lembaga pendidikan, seperti data siswa, kegiatan pembelajaran, keuangan, sumber daya manusia, dan lain sebagainya. Dengan demikian, SIM memberikan dukungan yang sangat berharga bagi efektivitas dan efisiensi manajemen lembaga pendidikan, sehingga dapat meningkatkankualitas pendidikan yang diselenggarakan. Melalui SIMDIK, sekolah dapat 1) Mengoptimalkan pengelolaan data dan informasi, sehingga memudahkan penyampaian informasi serta mengurangi kesalahan-kesalahan dalam pengolahan data . 2) Guru dapat melacak kemajuan belajar siswa, menyusun rencana pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa, melakukan penilaian pembelajaran, serta memantau tingkat kehadiran dan partisipasi siswa. 3) SIMDIK memungkinkan sekolah untuk menganalisis data secara lebih mendalam, yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengidentifikasi kelemahan dalam proses pembelajaran dan merancang strategi perbaikan yang sesuai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...