Penggunaan teknologi berbasis kecerdasan buatan, seperti ChatGPT, semakin meluas di kalangan mahasiswa dalam proses pembelajaran dan peningkatan literasi. Namun, pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan ChatGPT terhadap literasi mahasiswa masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan ChatGPT dan pengaruhnya terhadap kemampuan literasi mahasiswa sehingga memberikan wawasan yang mendalam bagi praktisi pendidikan dan pengembang teknologi untuk meningkatkan kemampuan belajar mahasiswa kedepannya. Penelitian ini menggunakan metode Relative Importance Index (RII) dan regresi logistik ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor pendorong memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kemampuan literasi mahasiswa. Sebaliknya, faktor penghambat, seperti penurunan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis, berdampak negatif terhadap kemampuan literasi. Penggunaan ChatGPT secara berlebihan tanpa pendampingan dapat menghambat pengembangan keterampilan berpikir kritis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024