Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kimia
Vol 1, No 4 (2016): Oktober 2016

Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI Menggunakan Soal Tes Open-Ended Problem Pada Materi Koloid Di SMA/MA Kota Banda Aceh

Dzirratur Rahmi (Prodi Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh 23111)
. Rusman (Prodi Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh 23111)
. Erlidawati (Prodi Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh 23111)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2016

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian dengan judul Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI Menggunakan Soal Tes Open-Ended Problem Pada Materi Koloid Di SMA/MA Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menjawab soal-soal kimia pada materi koloid yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA/MA di kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan angket. Pengolahan data secara kualitatif dalam bentuk persentase hasil ketercapaian kemampuan berpikir kreatif pada aspek fluency, flexibility, dan novelty. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil berpikir kreatif pada aspek fluency sebesar 60% di kelas XI IA 4 dengan kategori baik, 36% di kelas XI IA 1 dengan kategori kurang dan 62% di kelas IA 3 dengan kategori baik, aspek flexibility sebesar 64% di kelas XI IA 4 dengan kategori baik, 41% di kelas XI IA 1 dengan kategori cukup dan 61% di kelas XI IA 3 dengan kategori baik dan aspek novelty sebesar 52% di kelas XI IA 4 dengan kategori cukup, 37% di kelas XI IA 1 dengan kategori kurang dan 50% di kelas XI IA 3 dengan kategori cukup. Tingkatan kemampuan berpikir kreatif yang mampu dicapai oleh siswa dengan presentase tertinggi ialah aspek fluency. Berdasarkan hasil angket tanggapan siswa, siswa memberikan respon positif terhadap soal tes open ended-problem sebesar 81%. Hasil angket tanggapan guru menunjukkan bahwa semua guru memberikan respon positif terhadap penggunaan soal open-ended problem sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan soal open-ended problem siswa lebih mudah mengeluarkan pendapatnya dan dapat membuat guru mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa.Kata kunci : Tes open-ended problem, berpikir kreatif, koloid

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pendidikan-kimia

Publisher

Subject

Chemistry Other

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) merupakan media publikasi artikel hasil karya tugas akhir/skirpsi mahasiswa Pendidikan Kimia strata satu (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USK guna untuk memenuhi kewajiban setiap mahasiswa sebagai salah satu syarat sidang dan yudisium ...