cover
Contact Name
Muhammad Nazar
Contact Email
mnazar@usk.ac.id
Phone
+6285261619059
Journal Mail Official
kanapuspita@usk.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Kimia FKIP USK Kopelma Darussalam
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kimia
ISSN : -     EISSN : 26216132     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) merupakan media publikasi artikel hasil karya tugas akhir/skirpsi mahasiswa Pendidikan Kimia strata satu (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USK guna untuk memenuhi kewajiban setiap mahasiswa sebagai salah satu syarat sidang dan yudisium sarjana. Artikel diterbitkan setelah diuji turnitin melalui website JIMPK.
Articles 103 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BERBASIS TEKA-TEKI BERGAMBAR PADA MATERI KOLOID DI SMAN 1 DARUL IMARAH Nurbaity Julianti; Muhammad Nasir; Sri Winarni
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 8, No 1 (2023): JIMPK Januari-Juni 2023
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe the feasibility of pictorial riddle-based poster learning media on colloidal material and describe the responses of teachers and students to pictorial riddle-based poster learning media on colloidal material. This research method uses RD with a 4-D model, namely, define, design, develop and disseminate. The research subjects were 16 students of class XII IPA 1, consisting of 9 men and 7 women. The instruments used in this study were media validity assessment sheets by experts, teacher responses questionnaire sheets and student responses questionnaire sheets. The results showed that the poster media got very good scores. The feasibility assessment obtained a percentage of 96.4% with a very decent category. The responses of teachers and students respectively obtained 100% and 92.4% in the very good category.Keyword: Learning Media, Poster, Pictorial Riddle, Colloid
Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pelajaran Kimia di Tiga SMAN Kota Banda Aceh Tahun Ajaran 2020/2021 Ainun Rinda Nursandy; Rusman Rusman; Zarlaida Fitri
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 8, No 1 (2023): JIMPK Januari-Juni 2023
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran daring pada pelajaran kimia tingkat SMAN di tiga sekolah kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru kimia yang mengajar kelas XI dan peserta didik kelas XI di SMAN yang berada di Kota Banda Aceh. Sampel penelitian adalah 5 orang guru kimia yang mengajar kelas XI dan 75 orang peserta didik kelas XI yang terdiri dari 2 orang guru kimia dan 30 orang peserta didik kelas XI dari masing-masing SMA Negeri 3 Banda Aceh dan SMA Negeri 12 Banda Aceh, serta 1 orang guru kimia dan 15 orang peserta didik kelas XI di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data berpedoman pada teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia secara daring dilakukan sesuai jadwal masing-masing sekolah. Aplikasi yang digunakan pada pembelajaran daring adalah WhatsApp, Microsoft Office 365, dan Zoom. Berdasarkan analisis angket kendala pelaksanaan pembelajaran daring yaitu peserta didik sulit memahami materi kimia secara daring (86%), jaringan internet kurang stabil (76%), terbatasnya kuota internet (68%), kurangnya waktu diskusi dengan guru (66%), tugas yang harus diselesaikan terlalu banyak (64%), kesulitan dalam menggunakan aplikasi (60%), materi yang diberikan guru tidak lengkap (59%), menghabiskan banyak waktu (59%), kesulitan dalam menggunakan aplikasi (57%). Kendala pembelajaran daring lainnya yaitu peserta didik kurang antusias mengikuti pembelajaran daring, guru sulit mengkoordinir peserta didik, dan guru sulit menilai peserta didik secara objektif. Secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran daring sudah berjalan dengan baik sesuai arahan dari kebijakan pemerintah meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya.Kata Kunci: Pembelajaran daring, kendala, kimia, aplikasi
Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Aktif Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Banda Aceh Syukratun Nufus; Ade Ismayani; Habibati Habibati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 8, No 1 (2023): JIMPK Januari-Juni 2023
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran aktif menuntut peserta didik secara mandiri untuk aktif dan kreatif dalam proses belajar mengajar di kelas. Pelaksanaan pembelajaran aktif sangat dipengaruhi oleh penggunaan strategi, metode, pendekatan, sumber belajar, dan media pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran aktif peserta didik sehingga meningkatkan pelaksanaan pembelajaran aktif peserta didik di kelas XI MAN 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis pendekatan deskriptif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan jenis random sampling dengan sampel berjumlah 55 orang peserta didik kelas XI IPA MAN 3 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket pelaksanaan pembelajaran aktif. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa aktivitas pelaksanaan pembelajaran aktif secara rata-rata responden memilih jawaban pada angket Sangat Sesuai sebesar 27,97%, menjawab Sesuai 55,13%, menjawab Cukup Sesuai 12,77%, menjawab Tidak Sesuai 3,37%, dan yang menjawab Sangat Tidak Sesuai 0,74%. Pelaksanaan pembelajaran aktif mendapatkan persentase rata-rata sebesar 76,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran aktif masih belum sepenuhnya diterapkan. Dari kelas XI MAN 3 Banda Aceh yang sudah diteliti mendapatkan kategori baik dalam pelaksanaan pembelajaran aktif.
TELAAH SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DARI AIR GEBANG DAN PELEPAH GEBANG (Corypha utan) Erlidawati Erlidawati; Zahrina Zahrina
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 8, No 1 (2023): JIMPK Januari-Juni 2023
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Corypha utanmerupakan tumbuhan palma yang umumnya dikenal dengan nama gebang atau bak iboh banyak digunakan oleh masyarakat Aceh sebagai tanaman obat herba asam lambung, diare, dan antiseptik. Penelitian ini telah dilakukan untuk mengidentifikasi kandungan metabolit sekunder golongan isoprenoida dengan pereaksi tembaga (III) asetat (diterpenoid) dan pereaksi Trim-Hill (terpenoid), golongan alkaloid dengan pereaksi Mayer, Hager, Wagner, Dragondorff, golongan flavonoid dengan pereaksi Shinoda, golongan fenol dengan pereaksi FeCl3, golongan tanin dengan pereaksi gelatin 1% dalam NaCl, dan golongan saponin dengan uji busa. Air gebang diperas dari pelepahnya, sedangkan pelepahnya dimaserasi dengan pelarut etanol 70% selama 1x24jam dan dirotary evaporasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan pada air gebang terdeteksi positif alkaloid, isoprenoida, fenol, flavonoid, saponin, dan tanin, sedangkan pelepah gebang terdeteksi alkaloid, fenol, dan isoprenoida.
PENGARUH MEDIA INTERAKTIF CHEMANAL BERBASIS MICROSOFT EXCEL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 4 BANDA ACEH Cut Nurhalisa; Ibnu Khaldun; Latifah Hanum
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 8, No 1 (2023): JIMPK Januari-Juni 2023
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Media InteraktifChemanalBerbasisMicrosoft Excelterhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 4 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan media interaktifchemanalberbasismicrosoft excelterhadap hasil belajar peserta didik dan mendeskrispsikan tanggapan peserta didik serta tanggapan guru. Sampel diambil secara acak yaitu kelas XI IA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing adalah 34 orang. Penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,53 1,99 pada taraf signifikan 5%. Sehingga hipotesis Haditerima dan H0ditolak (2) Persentase ketuntasan peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 91,18% dan 29,41%; (3) Tanggapan peserta didik dan guru terhadap media interaktifchemanalberbasismicrosoft excelpada materi larutan penyangga dengan persentase masing-masing adalah 81,00% dan 93,75%. Berdasar hasil penelitian maka dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh penggunaan media interaktifchemanalberbasismicrosoft excelterhadap hasil belajar; (2) Hasil belajar kelas eksperimen tuntas secara klasiskal sedangkan hasil belajar kelas kontrol tidak tuntas secara klasikal; (3) Peserta didik dan guru memberikan tanggapan positif terhadap media interaktifchemanalberbasismicrosoft excel.
Kemampuan Peserta Didik dalam Memahami Representasi Makroskopik, Submikroskopik, dan Simbolik Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Zuraini Zuraini; Sri Winarni; Latifah Hanum
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 8, No 1 (2023): JIMPK Januari-Juni 2023
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan peserta didik kelas X-IPA MAN Aceh Singkil dan SMAN 1 Singkil dalam memahami representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-IPA1dan X-IPA4MAN Aceh Singkil dan SMAN 1 Singkil tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 53 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui soal tes. Instrumen yang digunakan terdiri dari soal tes, berupa soal pilihan ganda sebanyak 19 pertanyaan yang terdiri dari soal makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam memahami materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan representasi makroskopis adalah paling tinggi dibandingkan representasi simbolik dan submikroskopik. Kemampuan peserta didik dalam memahami representasi submikroskopik tertinggal dibandingkan representasi makroskopik dan simboliknya. Sebanyak 56,6% peserta didik memiliki kemampuan memahami representasi submikroskopik dengan kategori rendah. Kemampuan peserta didik perempuan rata-rata lebih tinggi dalam memahami representasi makroskopik, submiskroskopik, dan simbolik. Perlu melibatkan representasi makrokopik, submikroskopik dan simbolik secara proporsional dalam pembelajaran kimia.
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KOLOID UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 8 BANDA ACEH Asmaul Husna; Habibati Habibati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 7, No 2: JIMPK Juli-Desember 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Suatu proses pembelajaran akan berhasil apabila aspek pembelajaran dapat berjalan dengan baik, seperti antara peserta didik, guru serta sumber belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran praktikum kimia untuk peserta didik kelas XII SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembanganResearch and Development(RD).Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan model 4D.Tahapan- tahapan model pengembangan ini yaitu define(pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan angket. Angket yang diberikan adalah angket validasi dan angket kelayakan video praktikum pada materi koloid. Hasil uji kelayakan video pembelajaran praktikum diperoleh presentase rerata sebesar 87,4% tergolong kategori sangat layak. Hasil respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan media video pembelajaran praktikum padamateri koloid dapatdikategorikan sangat baik dengan presentase rerata tanggapan guru 93,8% danpresentase rerata tanggapan peserta didik 91,8%. Hasil presentase rata-rata validator, guru dan peserta didik menunjukkah bahwa media video pembelajaran praktikum layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi koloid.
SIKAP GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA DI LABORATORIUM SMA SE- KOTA LHOKSEUMAWE Putri Ramadhani; Syahrial Syahrial
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 7, No 2: JIMPK Juli-Desember 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode pembelajaran yang ditekankan pada kurikulum 2013 adalah metode pembelajaran praktikum. Pelaksanaan praktikum dapat berlangsung dengan maksimal apabila sarana dan prasarana di laboratorium memadai dan sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Selain itu sikap guru dan peserta didik juga sangat berpengaruh untuk menunjang pelajaran praktikum. Sikap teliti, disiplin dan bertanggung jawab merupakan sikap dasar yang harus dimiliki oleh guru dan peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran praktikum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap guru dan peserta didik terhadap pelaksanaan praktikum kimia di SMA se-Kota Lhokseumawe. Penelitian ini dilakukan melalui jenis penelitian survei dengan metode deskriptif. Penelitian ini melibatkan 9 sekolah dengan total guru sebanyak 21 orang dan 90 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi sekolah, kuesioner sikap guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 6 sekolah di kota lhokseumawe sudah memeliki fasilitas laboratorium kimia yang memadai dan 3 lainnya masih dalam proses perbaikan. Kuesioner sikap guru yang meninjau sikap teliti, disiplin dan bertanggung jawab secara keseluruhan menampilkan hasil jumlah data keseluruhan lebih besar dari kuartil 3 (Q3) dan lebih kecil dari skor maksimal yaitu 1092 1266 1365. Dalam kondisi ini maka sikap guru menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan praktikum. Sama halnya dengan hasil yang diperoleh dari kuesioner peserta didik yaitu Q3 X skor maksimal yaitu 4320 4984 5400 yang menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanan praktikum. Maka dalam kondisi seperti ini, pelaksanaan praktikum di SMA Se Kota Lhokseumawe berlangsung dengan baik.Kata Kunci: sikap, guru, peserta didik, laboratorium, praktikum
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SISWA KELAS XI MAN 4 ACEH TIMUR Cut Faradiba
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 7, No 2: JIMPK Juli-Desember 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Sains Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi Virus. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru bidang studi Kimia dan siswa kelas IX MAN 4 Aceh Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar penilaian validasi ahli materi, ahli media, penilaian guru dan tanggapan/respon siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian dan pengembangan pada LKPD berbasis STEM mengacu pada model ADDIE yaitu melalui tahap Analysis, Development, desain, Implementation, dan Evaluation karena pada model ini setiap tahap dilakukan revisi hingga didapatkan produk LKPD yang lebih baik. Bentuk pengembangan LKPD kimia berbasis STEM dengan pengembangan pada aspek materi, media, dan respon peserta didik. kelayakan bahan ajar kimia STEM yang dinilai oleh para ahli media termasuk dalam kriteria layak (80%) dan ahli substansi materi juga termasuk dalam kriteria layak (90%) dan respon peserta didik juga termasuk menarik (92%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis STEM dapat digunakan dalam proses pembelajaran hidrokarbon untuk kelas IX di MAN 4 Aceh Timur.
Penerapan Model Pembelajaran POGIL Pada Sub Materi Kadar Zat dan Pereaksi Pembatas di Kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada Ayu Maulira; Muhammad Hasan; Muhammad Nasir
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol 7, No 2: JIMPK Juli-Desember 2022
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul Penerapan Model PembelajaranPOGILpada Sub Materi Kadar Zat dan Pereaksi Pembatas di Kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada. Tujuan penelitian ini yaitu untukmeningkatkan aktivitas, ketuntasan hasil belajar, dan mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaranPOGILpada sub materi kadar zat dan pereaksi pembatas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif.Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 di SMAN 1 Peukan Bada sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar soal tes, dan lembar angket tanggapan peserta didik. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama sebesar 78,57% dan pada pertemuan kedua sebesar 88,69% sehingga termasuk dalam kategori baik. Persentase rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 78,13% dengan kategori baik. Penerapan model pembelajaranPOGILmemperoleh tanggapan positif dari peserta didik sebesar 80,17% dengan kategori baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan modelpembelajaranPOGILpada sub materi kadar zat dan pereaksi pembatasdapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar peserta didik,dan tanggapan baik diberikan oleh peserta didik terhadap penerapan modelPOGIL.

Page 1 of 11 | Total Record : 103