Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 7, No 2 (2023): EDUNOMIKA

PENDIDIKAN ILMU SOSIAL MODEL KRITIK MENURUT JURGEN HABERMAS (CRITICAL THEORY)

Mohammad Muslih (Universitas Darussalam Gontor)
Racha Suheib Achmad (Universitas Darussalam Gontor)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Ilmu sosial adalah cabang ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan mereka, masyarakat, dan interaksi di dalamnya. Memahami hubungan antara manusia dan ilmu-ilmu sosial diperlukan untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik. Karena manusia memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu-ilmu sosial. Tujuan ilmu-ilmu sosial adalah untuk menjelaskan fenomena baik kerjasama maupun konflik yang ada dalam masyarakat. Dalam hal ini, pendekatan struktural yang diambil dalam mempertimbangkan dan mengklasifikasikan berbagai domain yang terlibat dalam ilmu-ilmu sosial. Kekuatan sosial yang berperan dalam perkembangan teori sosial, Dalam sejarah perkembangannya, ilmu-ilmu sosial digambarkan sebagai bagaimana munculnya perubahan sosial di Eropa berupa revolusi industri di Inggris dan revolusi sosial di Perancis pada abad ke-19 dan ke-20 mempercepat munculnya ilmu-ilmu sosial. . menjelaskan apa Revolusi Industri bukanlah suatu peristiwa tunggal tetapi serangkaian perkembangan yang saling terkait yang menyebabkan transformasi dunia Barat dari pertanian ke sistem industri. Banyak orang meninggalkan pertanian untuk pekerjaan industri yang disediakan oleh pabrik-pabrik yang sedang tumbuh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...