AZKIYA
Vol 6 No 2 (2023): Juli - Desember 2023

Tranformasi Guru Profesional Penerapan Pendekatan Student Centered Learning (SCL)

Devanti, Desilia (Unknown)
Muftiana, Wifda (Unknown)
Mukmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Saat ini, pendidikan menghadapi tuntutan yang semakin kompleks dan berkembang pesat. Karena itu, pendekatan pengajaran harus diubah. Student Centered Learning adalah pendekatan yang semakin populer, yang menekankan peran penting siswa dalam proses pembelajaran. Untuk menerapkan pendekatan ini, transformasi guru profesional sangat penting. Guru yang mengalami transformasi profesional dalam konteks Student Centered Learning harus beradaptasi dengan peran yang sangat berubah. Mereka bukan lagi hanya guru yang mengajar siswa, tetapi menjadi fasilitator pembelajaran yang mendorong siswa untuk memecahkan masalah, mengeksplorasi ide-ide, dan memahami konsep secara menyeluruh. Pendekatan Student Centered Learning menekankan kerja sama aktif antara guru dan siswa. Guru harus membuat lingkungan di mana siswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran, membuat pertanyaan, membuat proyek, dan bekerja sama dengan sesama siswa. Siswa harus terlibat dalam pembelajaran mereka sendiri selama proses ini. Untuk memenuhi tuntutan pendidikan yang berkembang, guru harus berubah untuk menerapkan pendekatan belajar berpusat pada siswa (Student Centered Learning).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

azkiya

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

About the Journal EditEdit About the Journal Azkiya: Jurnal Ilmiah Pengkajian dan Penelitian Pendidikan Islam, P-ISSN: 2622-0091, E-ISSN: 2622-8424 is a blind peer-reviewed, published by Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong, Indonesia, is a peer-reviewed open access ...