Jurnal Pedagogy
Vol. 11 No. 1 (2018): Volume 11 Nomor 1 Tahun 2018

Pendidikan Karakter dan Tantangan Implementasinya di Sekolah

Purnawanto, Ahmad Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2018

Abstract

Dewasa ini, bangsa Indonesia sedang menghadapi permasalahan fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Permsalahan itu berupa perilaku masyarakat belum sejalan dengan karakter bangsa yang dijiwai oleh falsafah pancasila, religius, humanis, nasionalis, demokratis, keadilan dan kesejahteraan rakyat. Jika permasalahan ini dibiatkan dapat menimbulkan ancaman pada eksistensi bangsa. Karena itu diperlukan pendidikan karakter yang berfungsi untuk : (1) mengembangkan potensi dasar berhati, berpikiran dan berperilaku baik, (2) memperbaiki perilaku yang kurang baik dan menguatkan perilaku yang sudah baik, (3) menyaring budaya yang kurang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Ada 18 nilai karakter yang perlu ditumbuhkembangkan di lingkungan sekolah. Untuk pengembangan pendidikan karakter di sekolah, kedelapan nilai karakter tersebut perlu diseleksi sesuai dengan visi sekolah menjadi nilai utama dan nilai pendukung dan diimplementasi berupa: sekolah belum dapat memilih nilai-nilai karakter yang sesuai dengan visinya, pemahaman guru terhadap konsep pendidikan karakter yang belum menyeluruh, guru belum dapat memilih nilai-nilai karakter yang memadai untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada mata pelajaran yang diampunya, dan guru belum dapat menjadi tekadan atas nilai-nilai karakter yang dipilihnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Pedagogy Journal is a scientific publication medium related to Islamic education. This journal is managed by STAI Muhammadiyah Blora under the supervision of the Institute for Research and Community Service (LPPM). This journal contains scientific works from lecturers, teachers, students, and ...