Jurnal Pedagogy
Vol. 11 No. 1 (2018): Volume 11 Nomor 1 Tahun 2018

Pengaruh Intensitas Melakukan Puasa Senin Kamis terhadap Tingkat Kecemasan Santri dalam Menghafal Nadham Alfiyah di Madrasah Diniyah Tsanawiyah "Mamba'ul Huda" Talokwohmojo Ngawen Blora

Irchamni, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas puasa Senin Kamis (X) terhadap tingkat kecemasan santri (Y) dalam menghafal Nadham Alfiyah di Madrasah Diniyah Tsanawiyah Mamba'ul Huda Talokwohmojo Ngawen Blora. Subyek penelitian sebanyak 40 responden, pengambilan sampelnya menggunakan random sampling. Pengumpulan data X dan Y menggunakan angket. Dalam kajian hipotesis penulis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil uji hipotesis regresi sederhana satu prediktor diketahui bahwa ada pengaruh intensitas puasa Senin Janus terhadap kecemasan santri Mamba'ul Huda. Hal ini didasarkan dari analisis uji F reg (X) terhadap (Y) diketahui F reg = 8.33, setelah dicocokkan dengan tabel F oada taraf signifikasi 5% sebesar 4.08 sedangkan pada taraf signifikasi 1% sebesar 7.31 karena F reg > F t (0.05) dan t (0.01) maka signifikan. Ada pengaruh intensitas melakukan puasa Senin Kamis terhadap kecemasan santri. Ujia korelasi antara puasa Senin Kamis dan kecemasan santri Mamba'ul Huda diketahui nilainya 0.424. setelah itu diuji t diketahui nilainya 2,87. Setelah dicocollan pada t tabel pada taraf 5% sebesar 2.021 maka t h > t t (0.05 : 40) sehingga signifikan. Hal ini juga ditunjukkan dengan persamaan garis regresi Y = 31.068 + 0.438X.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Pedagogy Journal is a scientific publication medium related to Islamic education. This journal is managed by STAI Muhammadiyah Blora under the supervision of the Institute for Research and Community Service (LPPM). This journal contains scientific works from lecturers, teachers, students, and ...