Jurnal Pedagogy
Vol. 12 No. 2 (2019): Volume 12 Nomor 2 Tahun 2019

Meningkatkan Kreatifitas Anak Melalui Kolase Dengan Media Beras Pada Kelompok A Di RA Al-Wardah Ketuwan Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora

irchamni, achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Berdasarkan realita di lapangan menunjukkan bahwa dalam perkembangan kreativitas anak melalui kolase dengan media beras pada kelompok A1 RA Al-Wardah Ketuwan hasilnya sangat rendah, karena masih banyak anak yang belum bisa menggunakan kolase dengan media beras sebagai pembelajaran. Hal ini tampak dari beberapa hasil kegiatan anak saat pembelajaran dan saat melakukan kegiatan yaitu: (1) Saat anak mengambil atau menjumput beras. (2) Ketika anak mau menaburkan atau menempelkan beras pada suatu gambar. (3) Saat anak memilih warna beras yang sesuai dengan gambar. Dalam konteks ini penerapan kolase dengan media beras menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kreativitas anak pada kelompok A1 di RA Al Wardah Ketuwan. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kolase dengan media beras pada kelompok A1 di RA Al Wardah Ketuwan dengan jumlah anak 17 siswa. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung presentase hasil kreativitas anak mulai dari pratindakan, siklus I dan siklus II lalu mendeskripsikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan melalui kegiatan kolase dengan media beras. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari kondisi awal kreativitas anak kelompok A1 sebesar 17%, kemudian siklus I meningkat menjadi 41%, dengan kegiatan kolase menggunakan media beras, pada siklus II meningkat menjadi 88%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kolase dengan media beras dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok A1 RA Al Wardah Ketuwan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Pedagogy Journal is a scientific publication medium related to Islamic education. This journal is managed by STAI Muhammadiyah Blora under the supervision of the Institute for Research and Community Service (LPPM). This journal contains scientific works from lecturers, teachers, students, and ...