Jurnal Pedagogy
Vol. 14 No. 2 (2021): Volume 14 Nomor 2 Tahun 2021

Peningkatan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Inter-Island Football (Sepak Bola Antar Pulau) Di Tk Ngudi Kaweruh Ngawen - Blora

irchamni, achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan konsentrasi anak usia 5-6 tahun sebelum menerapkan permainan Inter-Island Football (Sepak Bola Antar Pulau), untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 Tahun setelah penerapan permainan Inter-Island Football (Sepak Bola Antar Pulau). Hasil penelitian ini berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisa data dapat disimpulkan Pada pra tindakan ini jumlah ana yang mendapat kriteria sangat baik adalah 2 anak dengan persentase 10%, kriteria baik 5 anak dengan persentase 25% dan kriteria belum baik 13 anak dengan persentase 65%. Pada Siklus II pelaksanaan tindakan dilakukan berdasarkan pada pemecahan permasalahan-permasalahan yang muncul pada Siklus I seperti pemberian motivasi dan bimbingan yang lebih khusus kepada anak agar kegiatan pembelajaran melalui permainan Inter-Island Football (Sepak Bola Antar Pulau) dapat lebih meningkat. Hal ini terbukti melalui perolehan persentase konsentrasi anak dari awal sebelum tindakan sampai siklus II yakni, kondisi awal sebelum dilakukan tindakan anak yang mendapat kriteria sangat baik hanya berjumlah 2 anak (10%) dari jumlah keseluruhan anak setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I diperoleh hasil bahwa anak yang mendapat kriteria sangat baik mengalami peningkatan menjadi 4 anak (20%) dan kemudian pada siklus II anak yang mendapat kriteria sangat baik meningkat menjadi 5 anak (25%). Dan jumlah kondisi awal yang mendapat nilai kriteria baik 5 anak (25%) pada sikus I 11 anak (55%) dan pada siklus II meningkat menjadi 15 anak yang berkriteria baik dengan persentase 75% yang artinya telah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditentukan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Pedagogy Journal is a scientific publication medium related to Islamic education. This journal is managed by STAI Muhammadiyah Blora under the supervision of the Institute for Research and Community Service (LPPM). This journal contains scientific works from lecturers, teachers, students, and ...