Jurnal Pedagogy
Vol. 14 No. 2 (2021): Volume 14 Nomor 2 Tahun 2021

Urgensi Literasi Digital Bagi Guru, Siswa dan Orang Tua

Purnawanto, Ahmad Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan hikmah salah satunya adalah percepatan penggunaan teknologi digital, khususnya di dunia pendidikan. Dimana masyarakat menjadi terbiasa menggunakan fasilitas digital untuk mentransformasi data dan informasi yang perlu diakses. Dalam menghadapi PJJ di masa pandemi ini, guru, siswa maupun orang tua perlu memiliki satu pemahaman literasi digital. Implementasi literasi digital harus semakin didorong terlebih di masa pandemi ini. Pendidikan berbasis digital menjadi transformasi yang tepat di tengah perpaduan situasi pandemi dan perkembangan teknologi informasi. Ruang kelas di sekolah bukan lagi menjadi fasilitas utama penunjang keberlangsungan pembelajaran. Sehingga guru dituntut memberikan materi secara virtual ataupun online kepada para peserta didik lewat kelas virtual ataupun fasilitas kelas digital. Literasi digital bertujuan untuk menanamkan kesadaran, keterampilan, dan pengetahuan baru untuk memahami cara beraktivitas di ruang digital secara produktif, bijaksana, dan kreatif. Empat pilar literasi digital untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman mengenai perangkat teknologi informasi dan komunikasi, yaitu digital skill, digital culture, digital ethics, dan digital safety.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Pedagogy Journal is a scientific publication medium related to Islamic education. This journal is managed by STAI Muhammadiyah Blora under the supervision of the Institute for Research and Community Service (LPPM). This journal contains scientific works from lecturers, teachers, students, and ...