Jurnal Pedagogy
Vol. 14 No. 1 (2021): Volume 14 Nomor 1 Tahun 2021

Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Daring

Purnawanto, Ahmad Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Lembaga pendidikan menjadi tempat sentral untuk menciptakan generasi muda yang lebih baik dari sebelumnya melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan proses untuk menciptakan peserta didik menjadi manusia yang berkarakter baik secara utuh dalam dimensi akal, budi pekerti berpikir, sehat jasmani, dan berhati manusia. Pendidikan karakter mengukir akhlak siswa melalui proses mengetahui kebaikan, mencintai kebaikan, dan mengamalkan kebaikan. Proses tersebut melibatkan aspek kognitif, emosional, dan fisik, sehingga akhlak mulia dapat terwujud mengukir menjadi kebiasaan pikiran, hati, dan tangan. Pendidikan karakter diarahkan untuk mewujudkan masyarakat yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, toleran, suka menolong, patriotik, dan dinamis, yang memiliki orientasi ilmu dan pengetahuan yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Pembelajaran secara daring menuntut tenaga pendidik untuk mampu berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran seharusnya dirancang agar membawa peserta didik ke pengenalan nilai secara kognitif, penghayatan nilai secara afektif, dan akhirnya ke pengamalan nilai secara nyata. Dengan demikian semua yang dipelajari harus bermuatan pendidikan karakter. Seorang guru melaksanakan pendidikan karakter dalam proses belajar mengajar dengan cara: membuat siswa merumuskan pertanyaan secara aktif, menemukan sumber belajar, mengumpulkan informasi, bekerja dengan informasi, merekonstruksi fakta, dan menyajikan hasil rekonstruksi. Pembelajaran pendidikan karakter harus dilakukan oleh guru dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Pedagogy Journal is a scientific publication medium related to Islamic education. This journal is managed by STAI Muhammadiyah Blora under the supervision of the Institute for Research and Community Service (LPPM). This journal contains scientific works from lecturers, teachers, students, and ...