Jurnal Pedagogy
Vol. 15 No. 1 (2022): Volume 15 Nomor 1 Tahun 2022

Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka

Purnawanto, Ahmad Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama 2 Tahun dan memiliki dampak negatif memperburuk krisis dan semakin memperjelas kesenjangan yang terjadi di Indonesia. Banyak anak-anak Indonesia yang mengalami ketertinggalan pembelajaran (Learning Loss) sehingga mereka kesulitan untu mencapai kompetensi dasar sebagai peserta didik. Kurikulum Merdeka sebagai upaya pemulihan pembelajaran yang berciri khas lebih sederhana dan fleksibel. Pada implementasinya, akan lebih fokus pada materi yang mendasar, pengembangan karakter, dan kompetensi murid. Kurikulum merdeka menjunjung konsep merdeka belajar, yaitu memberikan kebebasan dan kemerdekaan bagi siswa dan sekolah sehingga siswa bisa lebih mendalami minat dan bakatnya masing- masing. Meskipun sudah ada platform mengenai kurikulum merdeka namun jika tidak ada pelatihan khusus dan fokus maka pemahaman mengenai kurikulum merdeka ini kurang optimal. Kurangnya pemahaman guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka ini dikawatirkan akan berdampak dalam proses pembelajaran. Jika guru belum memahami sepenuhnya penerapan kurikulum merdeka maka proses pembelajarannya pun tak akan sejalan dengan amanah kurikulum merdeka yang telah diprogramkan. Mengingat guru adalah salah satu komponen pembelajaran yang penting dalam sebuah penerapan kurikulum. Artikel mencoba mengkaji kebijakan pemerintah mengenai pengimplementasian Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Implementasi Kurikulum Merdeka ini berfokus pada pemanfaatan teknologi dan komunitas belajar untuk saling berbagi praktik baik antara guru, siswa, dan akademisi. Berbagai strategi dan platform telah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Pedagogy Journal is a scientific publication medium related to Islamic education. This journal is managed by STAI Muhammadiyah Blora under the supervision of the Institute for Research and Community Service (LPPM). This journal contains scientific works from lecturers, teachers, students, and ...