Pemerintah dalam hal ini dipelopori oleh menteri pendidikan telah menetapkan kebijkan barunya yaitu kurikulum merdeka yang harus diikuti oleh semua level pendidikan baik tingkat Pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas atau kejuruan. Semuanya memegang peranan penting dalam menjaga, mendidik, serta memenuhi kebutuhan seorang anak terlebih di PAUD terutama pada aspek pertumbuhan dan perkembangan yang meliputi 6 aspek perkembangan baik sosial emosional, nilai moral agama, bahasa, seni, kognitif, fisik motorik. Latar belakang penelitian ini adalah agar guru dan orangtua mengetahui kegiatan pembelajaran anak ketika disekolah, pengasuhan guru dan orangtua yang tepat, serta pentingnya pendidikan anak. Penggunaan media Loose Parts dalam pembelajaran berperan dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini dengan cara melakukan seluruh tahapan penggunaan media Loose Partsmenggunakan berbagai strategi. Berkaitan dengan hal tersebut, sekolah dan orang tua perlu menjalin kerjasama yang baik sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan media Loose Parts. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan anak, sebagai sarana komunikasi, serta untuk menemukan model program pembelajaran pendidikan anak usia dini di khusunya dikabupaten Blora. Penelitian ini dilaksanakan dilembaga PAUDBlora dengan menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif yang diperoleh melalui wawancara, data dokumentasi, dan data observasi mengenai penyelenggaraan program kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan pelaksanaan metode STEAM berbasis looseparts bisa dilaksanakan. Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Metode STEAM, Media Looseparts
Copyrights © 2022