Jurnal Pedagogy
Vol. 15 No. 2 (2022): Volume 15 Nomor 2 Tahun 2022

Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Purnawanto, Ahmad Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk imlementasi konsep Kurikulum Merdeka yang diterapkan untuk mendukung mutu pendidikan di Indonesia terkait dalam penanaman karakter. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi program profil pelajar Pancasila yang ada di kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka, Peneliti akan mencari dan mengumpulkan informasi yang dapat diperoleh dari buku, majalah, jurnal dan hasil penelitian. Terdapat prinsip-prinsip utama dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu bersifat holistik, kontekstual, berpusat pada peserta didik, dan eksploratif. Pendekatan yang bisa dikembangkan dalam implementasi profil pelajar pancasila adalah dengan projek. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bisa dilakukan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler maupun budaya sekolah. Satuan pendidikan diharapkan dapat menghidupkan budaya terbuka, penuh rasa ingin tahu dan semangat kolaboratif dalam projek penguatan profil Pancasila. Kata kunci : Kurikulum merdeka, Implementasi Profil Pelajar Pancasila, Karakter

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Pedagogy Journal is a scientific publication medium related to Islamic education. This journal is managed by STAI Muhammadiyah Blora under the supervision of the Institute for Research and Community Service (LPPM). This journal contains scientific works from lecturers, teachers, students, and ...