Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji dampak dari akreditasi terhadap kualitas pembelajaran di lembaga PAUD kabupaten Blora. Tulisan ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui tiga cara yaitu Wawancara, Dokumentasi, Observasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan alur Reduksi data, Display data, Kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan adalah sebagai berikut a) dilihat dari delapan standar pembelajaran dikelas anak usia dini 90% telah memenuhi standar yang ada. Hal ini tergambar didalam setiap pelaksanan kualitas pembelajaran pendidikan tersebut. Walaupun terdapat satu standar yang kurang sesuai dengan standar mutu pendidikan yang ada, namun lembaga terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan pendidikan agar tetap tercapainya kualitas pembelajaran di lembaga tersebut. b) akreditasi memberikan dampak yang positif bagi lembaga. Hal ini dilihat secara bukti fisik yang ditampilkan oleh lembaga mulai dari sarana dan prasarana yang memadai dan lengkap, peningkatan kinerja guru, dan kepercayaan dari masyarakat dan pemerintah yang semakin tinggi. Lembaga terus berupaya untuk meningkatkan produktivitas lembaganya agar tercapai mutu pendidikan yang diharapkan. Lembaga melibatkan seluruh unsur sekolah untuk terus mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan agar pada akreditasi berikutnya tetap dalam keadaan layak dari segala segi mutu pendidikan. Kata kunci: Akreditasi, Kualitas Pembelajaran, PAUD.
Copyrights © 2023