Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila dan pendidikan karakter Kurikulum Merdeka. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah projek pengembangan karakter pelajar Indonesia agar para pelajar menjadi pelajar yang menghidupi nilai-nilai Pancasila. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mempelajari isu-isu penting di sekitar. Permasalahan yang terjadi adalah ketika aktivitas projek lebih mengedepankan hasil dibandingkan proses sehingga P5 lebih pada pameran hasil tanpa proses. Metode penelitian literature review dengan cara membaca dan mengkaji berbagai referensi, baik buku, artikel ilmiah, dan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) harus dilaksanakan oleh masingmasing satuan pendidikan sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah. P5 diterapkan dalam kurikulum merdeka untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila kepada pelajar Indonesia. Menjadi Pelajar Pancasila, itulah tujuan pelaksanaan P5 di dalam Kurikulum Merdeka. Implikasi dari penelitian ini yakni mengetahui bagaimana melaksanakan Pendidikan karakter dalam kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2023