Jurnal Pedagogy
Vol. 16 No. 2 (2023): Volume 16 Nomor 2 Tahun 2023

Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka

Purnawanto, Ahmad Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila dan pendidikan karakter Kurikulum Merdeka. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah projek pengembangan karakter pelajar Indonesia agar para pelajar menjadi pelajar yang menghidupi nilai-nilai Pancasila. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mempelajari isu-isu penting di sekitar. Permasalahan yang terjadi adalah ketika aktivitas projek lebih mengedepankan hasil dibandingkan proses sehingga P5 lebih pada pameran hasil tanpa proses. Metode penelitian literature review dengan cara membaca dan mengkaji berbagai referensi, baik buku, artikel ilmiah, dan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) harus dilaksanakan oleh masingmasing satuan pendidikan sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah. P5 diterapkan dalam kurikulum merdeka untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila kepada pelajar Indonesia. Menjadi Pelajar Pancasila, itulah tujuan pelaksanaan P5 di dalam Kurikulum Merdeka. Implikasi dari penelitian ini yakni mengetahui bagaimana melaksanakan Pendidikan karakter dalam kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Pedagogy Journal is a scientific publication medium related to Islamic education. This journal is managed by STAI Muhammadiyah Blora under the supervision of the Institute for Research and Community Service (LPPM). This journal contains scientific works from lecturers, teachers, students, and ...