Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi pembelajaran menggunakan metode Augmented Reality (AR). peserta didik seringkali merasa malas membuka buku, karena materi disampaikan dengan cara yang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Salah satu sekolah yang belum mengoptimalkan pembelajaran dalam dunia teknologi adalah SMPN 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menambahkan media pembelajaran terbaru tentang jenis-jenis fosil purbakala dengan menggunakan metode Augmented Reality. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan objek tiga dimensi (3D) dengan dunia nyata untuk digabungkan ke suatu media. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada siswa di SMPN 1 Dukuhturi, teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis fungsional dan non-fungsional serta metode pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Waterfall. Pengujian aplikasi ini menggunakan BlackBox testing untuk mengetahui bahwa semua fungsi aplikasi sangat sesuai. Hasil penelitian menunjukkan respon siswa terhadap metode pembelajaran dengan penuh antusiasme dan kegembiraan setelah menggunakan konsep pembelajaran dengan metode Augmented Reality, Sehingga minat siswa terhadap pembelajaran sejarah semakin meningkat.
Copyrights © 2024