Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mater IPS tema 6 kelas V SDN Sambongpari pada materi “Bentuk-Bentuk Interaksi Manusia dengan Lingkunganya Terhadap Pembangunan Sosial, Budaya, dan Eknomi Masyarakat Indonesia”. Pembelajaran IPS dikatakan berhasil apabila semua tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai, yang terungkap dalam hasil belajar IPS. Namun dalam kenyataan IPS termasuk salah satu mata pelajaran sulit di mengerti dan membosankan setelah beberapa observasi ke sekolah dan dari riview jurnal lainnya, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan kelas V SDN Sambongpari, dan sampel yang di ambil dalam penelitian berjumlah 58 siswa. Pada kelas eksperimen berjumlah 28 siswa, pada kelas kontrol 30 siswa. Tes yang digunakan adalah prestest dan posttest, dan data yang dianalisis menggunakan SPSS 16 For Windows, teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan terjadinya perbedaan yang signifikan pada pretest dan posttest, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikan sebesar 0,000. Sesuai dengan kaidah pengambilan 0,000 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, model project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi IPS tema 6 SDN Sambongpari pada materi “Bentuk-Bentuk Interaksi Manusia dengan Lingkunganya Terhadap Pembangunan Sosial, Budaya, dan Eknomi Masyarakat Indonesia”. Kemudian nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 88.46 sedangkan kelas kontrol sebesar 79.52. Terlihat ada perbedaan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model project based learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi IPS tema 6 kelas V SDN Sambongpari.
Copyrights © 2024