Pendidikan yang berkualitas tinggi mendorong siswa untuk belajar secara aktif, dinamis, mandiri, dan membuka potensi semua siswa melalui program ekstrakurikuler yang unggul. Dampak potensial dapat dilihat dari prestasi yang luar biasa. Pemilihan siswa berprestasi harus dilakukan secara objektif agar tidak merugikan sekolah dan siswa. Proses seleksi secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel dapat menjadi mudah. Dalam penelitian ini telah menghasilkan Pehitungan 65 Data calon siswa berprestasi, di dapatkannya hasil Akhir atau titik pusat yang sama pada cluster ke 2 dan cluster ke3 dengan nilai K1 = 69,31 K2 = 72,13 K3 = 80 K4 = 80 K5= 73,369 dan Siswa berprestasi memiliki hasil K1 = 79,07 K2 = 80,44 K3 = 80,58 K4 = 80,58 K5= 74,88, yaitu tidak mengalami posisi cendroid yang berbeda, maka perhitungan iterasi dalam metode k means cluster dihentikan dan dapat mengetahui siswa berprestasi
Copyrights © 2024