Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui keefektifan media pembelajaran Utang Tutif yang dilatar belakangi dengan adanya hasil belajar siswa khusunya pada materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif masih di bawah KKM yaitu mencapai nilai rata-rata 75 serta guru juga kurang berinovasi dalam membuat media pembelajaran yang menarik sehinga berdampak pada hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis pengembangan Research and Develompment dengan tipe BorgGall 10 langkah. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif serta hasil analisis tes siswa berupa pretest dan posttest. Lokasi yang digunakan untuk uji coba kelomp SD. Hasil penelitian ini yaitu (1) Media pembelajaran Utang Tutif layak digunakan hasil akhir validasi ahli media sebesar 98% dengan kategori “Sangat Baik”. Validasi ahli materi sebesar 91% dengan kategori “Sangat Baik”. Validasi ahli bahasa sebesar 100% dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Penilaian pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor rata-rata 3,4 dengan kategori “Sangat Baik”. Pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor rata-rata 3,63 dengan kategori “Sangat Baik”. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Utang Tutif layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA. (3) Hasil dari pretest dan posttest terjadi perubahan signifikan skor awal atau pretest rata-rata sebesar 44,1 sedangkan rata-rata posttest sebesar 89,1. Hasil ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil posttest lebih besar dari nilai hasil pretest. Keefektifan media yang diukur menggunakan N-Gain mendapat skor rata-rata sebesar 0,8225 atau 82,25%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Utang Tutif “Efektif” digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD di Kecamatan Tamansari.
Copyrights © 2024