Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperaif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar Matematika tentang materi Segi empat siswa kelas VII SMP Negeri Satap Nusa Kecamatan Pantar Timur Kabupaten Alor tahun pelajaran 2019 / 2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui pembelajaran Kooperatif tipe STAD hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Satap Nusa Kabupaten Alor. ” pelajaran 2019 / 2020 dapat ditingkatkan?” Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttes group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Satap Nusa sebanyak 12 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik Statistik Deskriptif Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Segiempat mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar rata-rata siswa pada tiap siklusnya. Peningkatan hasi belajar rata-rata siswa pada siklus I sebesar 13,23 dari kondisi awal 61,25 meningkat menjadi 74,58 dan pada siklus II meningkat sebesar 15,67 dari 74,58 pada siklus I menjadi 86,25. Tingkat ketuntasan pada kondisi awal adalah 25,00%, pada siklus I menjadi 58,33%; dan pada siklus II tingkat ketuntasan menjadi 100%. Dengan demikian tingkat ketuntasan dari siklus I ke siklus II naik 41,67%.
Copyrights © 2023