Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)
JRPD Volume 4 Nomor 1, Maret 2023

Penerapan Pendekatan Scientific Learning Berbasis HOTS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Tianesa Kartini (Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau)
Yohana Satinem (Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau)
Eka Lokaria (Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 57 Lubuklinggau  setelah menggunakan pendekatan scientific learning berbasis HOTS. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian group pre-test-post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 57 Lubuklinggau berjumlah 22 siswa yang merupakan sampel pada penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal uraian sebanyak 6 soal. Data dianalisis menggunakan uji-z pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data post-test didapatkan zhitung 5,50 dan ztabel 1,64 berarti Ho ditolak dan Ha diterima,  artinya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 57 Lubuklinggau setelah diterapkannya pendekatan scientific learning berbasis HOTS secara signifikan tuntas. Rata-rata diperoleh 77,65 dan persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 100%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) adalah jurnal ilmiah nasional yang menyajikan artikel dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang pendidikan dasar dan bidang lainnya yang relevan, meliputi bidang: 1. Pendidikan Dasar 2. Inovasi Pembelajaran 3. Evaluasi Pembelajaran 4. Pengembangan Kurikulum ...