Kecemasan mahasiswa salah satunya disebabkan oleh proses pembelajaran online atau daring, untuk mengatasi kecemasan tersebut dapat melakukan aktivitas fisik. Kecemasan apabila dibiarkan bendampat kepada motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan kecemasan mahasiswa selama pembelajaran daring. Jenis penelitian adalan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel  sebanyak 43 mahasiswa yang dipilih dengan metode total sampling. Alat ukur Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) dan Global Physical Activity Questionaire. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian univariate didapatkan sebagian besar 31 (72,1) responden aktifitas fisik sedang dan sebagian besar 29 (67,4%) responden dengan kecemasan sedang. Analisis bivariat dengan hasil p-value 0.000 (< 0.05), artinya terdapat hubungan aktifitas fisik dengan kecemasan pada mahasiswa transfer S1 Keperawatan tahun 2023. Disarankan kepada mahasiswa saat pembelajaran daring untuk dapat melakukan aktivitas fisik sebagai upaya mengurangi kecemasan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024