keagamaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ). Fokus kajian penelitian ini yaitu pada 4 hal, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif berbasis studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa manajemen ekstrakurikuler Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an di Indonesia meliputi beberapa Tahapan. Pertama, perencanaan,, yaitu merencanakan tujuan kegiatan, sasaran kegiatan, dan pedoman kegiatan. Kedua pengorganisasian, yaitu meliputi tahapan penyusunan struktur organisasi/ekstrakurikuler mulai dari pembina, stering comite, ketua bidang dan anggota-anggotanya. Ketiga pelaksanaan, yaitu tahapan pelaksanaan kegiatan yang merujuk kepada tahapan perencanaan awal. Tahapan pelaksanaan dimulai dengan memperkenalkan kegiatan ekstrakurikuler kepada siswa melalui Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA), dan dilanjuti dengan pelaksanaan kegiatan yang sudah direncanakan. Keempat tahapan evaluasi, yaitu dengan memberikan penilaian terhadap hasil kegiatan yang sudah dilakukan dengan mengadakan rapat akhir tahun dan mengevaluasi segala hal yang menjadi kendala saat proses kegiatan ekstrakurikuler.
Copyrights © 2024