Artikel ini bertujuan untuk dapat memahami kurikulum sebagai sistem pembelajaran PAI. Secara metodologis, pembahasannya menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library reseach, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data informasi melalui kitab-kitab, buku-buku dan jurnal-jurnal yang mempunyai relevansi dengan artikel ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kurikulum sangat menentukan dalam suatu sistem pembelajaran PAI, oleh karena itu kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam sistem pembelajaran PAI kumpulan dari sekian banyak komponen yang saling berkaitan satu sama lain berguna untuk mewujudkan generasi-generasi yang berakhlak mulia, beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. Agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, penting untuk mengelola setiap komponen pembelajaran dengan baik. Hal ini mencakup penanganan tujuan, materi, metode, media, sumber belajar, dan evaluasi yang berpengaruh besar dalam proses pembelajaran. Apabila hubungan antara komponen-komponen tersebut berjalan dengan lancar, maka kurikulum dan sistem pembelajaran dapat memberikan kualitas yang baik kepada para siswa, serta mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024