Komunikasi dapat berpengaruh dalam berbagai bidang, diantaranya bidang pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran, penyampaian informasi secara tepat sangat dibutuhkan. Hampir semua organisasi ataupun perusahaan di bidang bisnis menggunakan komunikasi pemasaran untuk mempromosikan apa yang mereka tawarkan dan mencapai tujuan finansial dan nonfinansial organisasi dan individu, tidak terkecuali pelaku UKM/UMKM. Komunikasi digital membantu menyampaikan pesan ataupun informasi dari penjual/produsen kepada pembeli/konsumen dengan menggunakan media digital, dengan karakteristik yang jauh berbeda dengan komunikasi tradisional. Dari hasil observasi dan tinjauan lokasi, sebagian besar pelaku usaha belum memaksimalkan penggunaan komunikasi digital untuk membantu perluasan produk mereka dan masih menggunakan cara tradisional, serta jangkauan produk hanya berkisar di daerah setempat atau sampai pada tingkat kecamatan saja. Sebagai pelaku usaha maka kreatifitas dan inovasi kemajuan teknologi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dan diiringi dengan optimalisasi SDM yang mumpuni dalam penggunaan komunikasi digital tersebut. Sebagai kelanjutan dari program sebelumnya, maka tim dosen PKM bermaksud melakukan kegiatan PKM pada Desa Ciampea Udik sekaligus untuk melihat perkembangan yang telah dilakukan para pelaku usaha UKM dan UMKM guna perluasan produk ke berbagai daerah. Kegiatan akan dilaksanakan dengan metode seminar dan diskusi serta praktek langsung mengenai komunikasi digital yang telah dipergunakan selama ini. Acara akan berlangsung selama tiga hari; Kamis – Sabtu, 2-4 Mei 2024, dengan harapan di akhir kegiatan peserta yang merupakan sebagian besar para pelaku UKM/UMKM dan masyarakat umum memperoleh tambahan pengetahuan, wawasan dan peningkatan ketrampilan mengenai komunikasi digital, sehingga dapat memanfaatkannya bagi perluasan produk dan berujung pada peningkatan penjualan. Target luaran yang akan dicapai adalah publikasi kegiatan dalam bentuk jurnal dan publikasi pada media massa online.
Copyrights © 2024