Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi
Vol. 1 No. 2 (2024): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PRODI ILMU KOMUNIKASI

Pemantapan Penggunaan Komunikasi Digital Guna Perluasan Pemasaran Produk UMKM Binaan di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Jawa Barat

surti wardani (Universitas Pamulang)
Ahmad Dimyati (Universitas Pamulang)
Nurilah Hanum (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Komunikasi dapat berpengaruh dalam berbagai bidang, diantaranya bidang pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran, penyampaian informasi secara tepat sangat dibutuhkan. Hampir semua organisasi ataupun perusahaan di bidang bisnis menggunakan komunikasi pemasaran untuk mempromosikan apa yang mereka tawarkan dan mencapai tujuan finansial dan nonfinansial organisasi dan individu, tidak terkecuali pelaku UKM/UMKM. Komunikasi digital membantu menyampaikan pesan ataupun informasi dari penjual/produsen kepada pembeli/konsumen dengan menggunakan media digital, dengan karakteristik yang jauh berbeda dengan komunikasi tradisional. Dari hasil observasi dan tinjauan lokasi, sebagian besar pelaku usaha belum memaksimalkan penggunaan komunikasi digital untuk membantu perluasan produk mereka dan masih menggunakan cara tradisional, serta jangkauan produk hanya berkisar di daerah setempat atau sampai pada tingkat kecamatan saja. Sebagai pelaku usaha maka kreatifitas dan inovasi kemajuan teknologi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dan diiringi dengan optimalisasi SDM yang mumpuni dalam penggunaan komunikasi digital tersebut. Sebagai kelanjutan dari program sebelumnya, maka tim dosen PKM bermaksud melakukan kegiatan PKM pada Desa Ciampea Udik sekaligus untuk melihat perkembangan yang telah dilakukan para pelaku usaha UKM dan UMKM guna perluasan produk ke berbagai daerah. Kegiatan akan dilaksanakan dengan metode seminar dan diskusi serta praktek langsung mengenai komunikasi digital yang telah dipergunakan selama ini. Acara akan berlangsung selama tiga hari; Kamis – Sabtu, 2-4 Mei 2024, dengan harapan di akhir kegiatan peserta yang merupakan sebagian besar para pelaku UKM/UMKM dan masyarakat umum memperoleh tambahan pengetahuan, wawasan dan peningkatan ketrampilan mengenai komunikasi digital, sehingga dapat memanfaatkannya bagi perluasan produk dan berujung pada peningkatan penjualan. Target luaran yang akan dicapai adalah publikasi kegiatan dalam bentuk jurnal dan publikasi pada media massa online.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

COMM

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Focus Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi (COMMs) bertujuan untuk menyediakan wadah bagi peneliti di bidang Komunikasi untuk mempublikasikan artikel asli dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Scope Ruang lingkup Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi (COMMs) ...