Jurnal Media Komunikasi
Vol. 1 No. 2 (2024): Media Komunikasi

KOMERSIALISASI KESEHATAN PADA TALKSHOW DI MEDIA TELEVISI

Galuh Aulia Ramadhanti (Unknown)
Indriyani Idris (Unknown)
Inne Pujiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji komersialisasi kesehatan pada acara talkshow di media televisi, dengan fokus pada dua stasiun televisi swasta utama di Indonesia: Metro TV dan TV One. Melalui analisis konten, penelitian ini mengidentifikasi bagaimana acara-acara kesehatan ini mencerminkan strategi kapitalisme media. Sponsorship dan iklan dari perusahaan farmasi, produk kesehatan, serta layanan medis sering kali mendukung acara-acara tersebut. Produk-produk ini ditampilkan atau disebutkan secara positif selama acara berlangsung, mendorong penonton untuk membeli atau menggunakan produk yang diiklankan. Selain itu, acara kesehatan sering kali menyasar segmen pasar tertentu dengan kebutuhan kesehatan spesifik, memungkinkan pemasaran produk yang sesuai dengan demografi penonton. Konten kesehatan juga dikemas untuk menarik perhatian dan meningkatkan rating, yang pada gilirannya menarik lebih banyak iklan. Kadang-kadang, ahli kesehatan yang muncul di acara tersebut memiliki hubungan komersial dengan produk atau layanan yang mereka promosikan, meskipun tidak selalu diungkapkan kepada penonton. Penelitian ini juga mengeksplorasi penerapan teori agenda setting dalam penggambaran topik kesehatan oleh Metro TV dan TV One. Media memiliki kemampuan untuk memengaruhi isu-isu apa yang dianggap penting oleh publik melalui pemilihan topik, framing, prioritas isu, dan pengaruh pada kebijakan publik. Topik-topik kesehatan yang sering muncul di acara ini menjadi lebih diperhatikan oleh publik karena mendapatkan eksposur lebih besar. Media dapat menetapkan prioritas isu kesehatan tertentu dengan memberikan lebih banyak waktu tayang dan liputan yang mendalam, yang mengarahkan penonton untuk menganggap isu tersebut lebih penting dibandingkan isu lainnya. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bagaimana acara kesehatan di televisi berperan dalam memengaruhi persepsi publik dan menentukan isu- isu kesehatan yang menjadi fokus perhatian masyarakat dalam konteks komersialisasi media.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MDKM

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Focus and Scope Focus Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi (COMMs) bertujuan untuk menyediakan wadah bagi peneliti di bidang Komunikasi untuk mempublikasikan artikel asli dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Scope Ruang lingkup Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu ...