Jurnal Pengabdian Masyarakat Mentari
Vol. 1 No. 3 (2024): Oktober

Penanaman Budaya Religius Melalui Shalat Dhuha Berjamaah Untuk Membentuk Karakter Siswa Di MI Al Islamiyah Karanganyar Paiton Probolinggo

Septantiningtyas, Niken (Unknown)
Amanah, Ilfatul (Unknown)
Fadilah, Agustin Nur (Unknown)
Maulidah, Ni’matul Izza (Unknown)
Ningtyas, Ismi Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Penanaman budaya religius melalui shalat dhuha berjamaah di MI Al Islamiyah Karanganyar Paiton Probolinggo merupakan fenomena yang semakin krusial dalam konteks pendidikan karakter siswa. Aspek budaya religius ini penting untuk diperhatikan, mengingat tantangan yang dihadapi oleh generasi muda saat ini, termasuk pengaruh negatif dari lingkungan sekitar dan perkembangan teknologi yang dapat mengurangi nilai-nilai moral dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana praktik shalat dhuha berjamaah dapat berkontribusi dalam pembentukan karakter siswa, serta menjawab pertanyaan mengenai sejauh mana kegiatan ini dapat meningkatkan disiplin dan empati siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggabungkan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dikumpulkan dari 100 siswa yang terlibat dalam shalat dhuha berjamaah, serta wawancara dengan guru dan orang tua siswa. Metode ini memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang dampak positif dari aktivitas religius terhadap karakter siswa, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung keberhasilan program ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% siswa melaporkan peningkatan disiplin dan empati setelah terlibat dalam shalat dhuha berjamaah. Rata-rata nilai karakter siswa meningkat dari 6,0 sebelum mengikuti shalat menjadi 8,5 setelahnya. Temuan ini menegaskan bahwa penanaman budaya religius melalui shalat dhuha berjamaah tidak hanya berfungsi sebagai rutinitas spiritual, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan karakter positif siswa, meningkatkan kualitas hubungan sosial mereka, dan memperkuat ikatan antara siswa dan lingkungan sekitarnya. penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai religius. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk mereformasi kurikulum pendidikan di madrasah, dengan memasukkan lebih banyak praktik religius dalam aktivitas sehari-hari siswa. Saran tindak lanjut dari penelitian ini adalah perlunya studi lebih lanjut mengenai praktik religius lainnya yang dapat memberikan dampak serupa, serta evaluasi berkelanjutan terhadap program shalat dhuha berjamaah untuk memastikan efektivitas dan keberlanjutannya dalam pembentukan karakter siswa. Dengan demikian, diharapkan bahwa praktik ini dapat terus diperkuat dan diintegrasikan dalam pendidikan karakter di berbagai institusi pendidikan lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Mentari publishes articles every month (12 times a year). It disseminates thoughts and ideas based on the results of research and the use of technology implemented in the public sector. The fields of study include but are not limited to Mathematics and Natural Sciences, ...