EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Peran Guru Penggerak dalam Merdeka Belajar di Sekolah Dasar

Rahayu, Pipit Agustri (Unknown)
Syarfuni, Syarfuni (Unknown)
Akmaluddin, Akmaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Tulisan ini mengkaji pentingnya guru penggerak dalam menumbuhkan kemandirian belajar di Indonesia. Artikel ini dikembangkan melalui pemeriksaan literatur yang komprehensif, termasuk buku, jurnal, dan publikasi relevan lainnya. Artikel ini berupaya menyajikan pemahaman komprehensif tentang pentingnya guru penggerak yang termotivasi dalam memanfaatkan teknologi yang ada secara efektif untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, sehingga memotivasi siswa untuk meningkatkan kinerja akademik mereka. Sesuai dengan profil pelajar Pancasila, pelajar diharapkan memiliki sifat kritis, berakhlak mulia, kreatif, kooperatif, berwawasan global, dan mandiri sehingga mampu berdikari. Pembelajaran mandiri menumbuhkan siswa yang tidak hanya memiliki keterampilan memperoleh pengetahuan tetapi juga kapasitas yang kuat untuk analisis kritis dan penalaran logis ketika dihadapkan dengan tantangan kehidupan. Selain pengaturan ruang kelas, guru gerak juga berperan sebagai mentor dan guru penggerak bagi guru-guru lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...