EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis AI Opexam

Muthohharoh, Niswatun (Unknown)
Mardliyah, Muna Karimatal (Unknown)
Rifqi, Arina Fadlilatar (Unknown)
Muslih, Muslih (Unknown)
Hamdun, Kamal (Unknown)
Hamidah, Amirotun (Unknown)
Ahmad, Nur Cholis (Unknown)
Islamiyah, Nurul (Unknown)
Qudsiyah, Nadhifatul (Unknown)
Rochmawati, Lulur (Unknown)
Charisma, Muhammad Ryan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dipicu oleh kebutuhan mendesak untuk menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam konteks pendidikan, terutama dalam mendukung proses evaluasi pembelajaran di sekolah dengan tujuan utama mengurangi beban kerja guru. Fokus utama penelitian adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi penggunaan AI, khususnya melalui platform Opexam, sebagai alat yang tidak hanya mempermudah tetapi juga mempercepat evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, yang melibatkan analisis mendalam terhadap literatur dan informasi yang relevan tentang penerapan Opexam dalam evaluasi pembelajaran di pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Opexam menyediakan fitur-fitur canggih yang secara signifikan mendukung efisiensi guru dalam menjalankan evaluasi dengan lebih terstruktur dan akurat. Bukti empiris dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Opexam berdampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai sekolah. Selain membantu dalam pengukuran pencapaian siswa secara objektif, Opexam juga memfasilitasi perancangan dan pengelolaan evaluasi pembelajaran secara sistematis. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Opexam memiliki potensi besar sebagai alat yang bernilai dalam sistem pendidikan modern. Dengan memanfaatkan teknologi AI, Opexam memberikan manfaat yang signifikan bagi para guru untuk meningkatkan efektivitas evaluasi pembelajaran dan memperkaya pengalaman belajar siswa. Penggunaan Opexam dianggap sebagai langkah progresif dalam mendukung transformasi pendidikan yang lebih adaptif dan efisien di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...