Rendahnya hasil belajar merupakan kesulitan belajar yang masih ditemui di lapangan, sehingga penting untuk dianalisis faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam proses belajar dengan tujuan mengevaluasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penguasaan akuntansi dasar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar, pengaruh penguasaan akuntansi dasar terhadap hasil belajar, pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar, anxiety dapat memoderasi pengaruh penguasaan akuntansi dasar terhadap hasil belajar, anxiety dapat memoderasi pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar XII Akuntansi SMK NU Gresik. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Akuntansi SMK NU Gresik Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian sebanyak 84 peserta didik dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan software IBM SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penguasaan akuntansi dasar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh signifikan penguasaan akuntansi dasar terhadap hasil belajar, tidak terdapat pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar, anxiety tidak dapat memoderasi penguasaan akuntansi dasar terhadap hasil belajar, anxiety tidak dapat memoderasi kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa penguasaan akuntansi dasar dan kemandirian yang tinggi akan meningkatkan hasil belajar dan anxiety yang tinggi akan menurunkan pengaruh penguasaan akuntansi dasar terhadap hasil belajar XII Akuntansi SMK NU Gresik.
Copyrights © 2024