Belajar itu bukan hanya tentang materi, tetapi belajar itu harus bisa membentuk sikap sosial anak yang akan terus berlangsung selama kehidupannya. Tujuan penulisan ini adalah untuk memperbaiki sikap sosial peserta didik kelas IV di dua sekolah yaitu SD IT Nur Athifah sebagai kelompok kontrol dan MIS Raudhatun Amanah sebagai kelompok ekperimen. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan instrumen angket skala likert 4 indikator sikap sosial yaitu keberanian, kejujuran, toleransi dan gotong royong. Hasil penelitian yang didapatkan adalah meningkatnya setiap indikator sikap sosial peserta didik di MIS Raudhatun Amanah sebagai kelompok kontrol dengan peningkatan di indikator keberanian 6%, kejujuran 6%, toleransi 3%, dan gotong royong 3%. Pada SD IT Nur Athifah sebagai kelompok eksperimen meningkat dengan sangat signifikan di indikator keberanian 8%, kejujuran 19%, toleransi 13%, dan gotong royong 10%. Pernyataan tersebut menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) yaitu penggunaan media Setengah Gunung Merapi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap sosial peserta didik
Copyrights © 2024