Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 2, No 2 (2023): Oktober 2023

NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI “SI ENTONG” BAGI PENERAPAN KARAKTER SISWA

Saputra, Dhahana Aris (Unknown)
Mudzanatun, Mudzanatun (Unknown)
Arisyanto, Prasena (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Pendidikan karakter merupakan unsur yang sangat penting untuk membina karakter seseorang. Pembentukan pendidikan karakter bukanlah tanggung jawab segelintir orang maupun lembaga tertentu saja. Pelaksanaan pendidikan karakter merupakan tanggung jawab bersama, baik lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tujuan pendidikan karakter ialah mengajarkan nilai nilai karakter tertentu, nilai-nilai yang bisa diterima secara luas yang bisa dijadikan dasar perilaku yang baik serta bertanggung jawab, yang kemudian digambarkan dengan perilaku moral seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai karakter dalam serial animasi Si Entong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menurut Sugiyono (2017:59), metode deskriptif adalah penelitian yang melukiskan, mengambarkan, atau memaparkan keadaan objek yang diteliti sebagai apa adanya, sesuai dengan situasi dan kondisi ketika penelitan tersebut dilakukan. Metode ini digunakan karena penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui nilai-nilai karakter dalam film film animasi Si Entong yang bermanfaat bagi penerapan karakter anak sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa 18 nilai karakter yaitu religious, jujur, toleransi, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab ditemukan dalam serial animasi Si Entong.Kata Kunci : Nilai-Nilai Karakter, Film Animasi Si Entong

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...