Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 3, No 2 (2024)

PENGEMBANGAN MEDIA KARTU TRUTH OR DARE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS IV SD N KEMBANGARUM 02

Nugraheni, Rahma Okta (Unknown)
Kartinah, Kartinah (Unknown)
Fajriyah, Khusnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu permasalahan yang sering ditemui dalam proses pembelajaran terutama di tingkat sekolah dasar. Adanya keterbatasan media pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik menjadi bosan dan malas untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran kartu Truth Or Dare yang dapat digunakan oleh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingat kevalidan dan kepraktisan media tersebut melalui validasi ahli dan angket respon. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dihasilkan yakni media kartu Truth Or Dare pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Hak dan Kewajiban. Berdasarkan uji kevalidan media mendapatkan skor rata rata 95%  dengan kualifikasi “sangat valid” dan uji kevalidan materi mendapatkan skor rata rata 79% dengan kualifikasi “valid” serta hasil uji kepraktisan mendapatkan skor rata rata 98% dengan kategori “sangat praktis”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...