Media pembelajaran menjadi salah satu permasalahan yang sering ditemui dalam proses pembelajaran terutama di tingkat sekolah dasar. Adanya keterbatasan media pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik menjadi bosan dan malas untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran kartu Truth Or Dare yang dapat digunakan oleh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingat kevalidan dan kepraktisan media tersebut melalui validasi ahli dan angket respon. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dihasilkan yakni media kartu Truth Or Dare pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Hak dan Kewajiban. Berdasarkan uji kevalidan media mendapatkan skor rata rata 95% dengan kualifikasi “sangat valid†dan uji kevalidan materi mendapatkan skor rata rata 79% dengan kualifikasi “valid†serta hasil uji kepraktisan mendapatkan skor rata rata 98% dengan kategori “sangat praktisâ€.
Copyrights © 2024