Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 2, No 2 (2023): Oktober 2023

PERSEPSI SIKAP GURU KELAS TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI DEMPET 2 KABUPATEN DEMAK

Kristiyan, Candra (Unknown)
Sukamto, Sukamto (Unknown)
Untari, Mei Fita Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

CANDRA KRISTIYAN. NPM 20126005. “Persepsi Sikap Guru Kelas Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Daring di SD Negeri Dempet 2 Kabupaten Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2022. Latar belakang dalam penelitian ini adalah Era globalisasi saat ini telah mempengaruhi berbagai sendi kehidupan manusia di muka bumi ini. Titik poin utama globalisasi adalah pesatnya perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang berbasis IT (Information  Technology/ Teknologi Informasi). wabah covid-19 memberikan dampak terhadap sistem pendidikan yang awalnya pembelajaran tatap muka, sekarang berubah menjadi pembelajaran secara daring, menjadikan guru harus memanfaatkan aplikasi teknologi dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah terdapat perbedaan media pembelajaran dan apakah terdapat perbedaan sikap guru kelas mengenai pembelajaran daring. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan media pembelajaran dan perbedaan sikap guru kelas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode survei cross-sectional, Semua data dianalisis menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS versi 20.0). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 guru kelas di SD Negeri Dempet 2 Kabupaten Demak. Hasil Penelitian Persepsi sikap guru kelas berdasarkan jenis kelamin, diperoleh hasil bahwa nilai sig. 0,024 α (0,05). Persepsi sikap guru kelas berdasarkan  usia diperoleh  nilai Sig. sebesar 0,024 α (0,05). Persepsi sikap guru kelas terhadap lama mengajar, diperoleh diperoleh nilai Sig. sebesar 0,013 α (0,05). Dan Persepsi sikap guru kelas berdasarkan tingkat kelas diperoleh nilai Sig. sebesar 0,031 α (0,05). Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan media pembelajaran guru kelas dan terdapat perbedaan sikap guru kelas dalam pembelajaran daring. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus lebih memanfaatkan TIK sebagai media belajar.Kata Kunci: Persepsi Sikap Guru Kelas, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran Daring.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...