Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model project-based learning dalam muatan pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri Wringinjajar 03. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Eksperiment Design dengan desain Nonequivalet Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Wringinjajar 03 tahun pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah 27 siswa kelas IV A dan IV B dengan menggunakan Teknik Non-Probability Sampling berbentuk sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan dalam keefektifan model project-based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dapat dilihat pada perbedaan nilai posttest di kelas eksperimen. Diperoleh rata-rata nilai pretest 61,96 dan posttest 90,63. Selain itu, dapat dilihat juga pada rata-rata nilai posttest kelas kontrol dan eksperimen. Diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 89,52 dan kelas eksperimen 90,63. Selain meningkatkan nilai kognitif, model ini juga meningkatkan nilai afektif siswa. Dibuktikan pada perbedaan rata-rata nilai sikap kelas kontrol 62,73 dan eksperimen 81,71. Psikomotor siswa dengan menggunakan model ini pada kelas eksperimen juga menghasilkan nilai rata-rata yang baik yatu 90,51. Psikomotor belum dapat dinilai pada kelas kontrol karena pembelajaran tidak memenuhi penilaian psikomotor.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024