Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 2, No 2 (2023): Oktober 2023

PENGEMBANGAN MEDIA RUMAT (RUMUS MATEMATIKA) MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR

Farianti, Idih Fitriani (Unknown)
Sukamto, Sukamto (Unknown)
Arisyanto, Prasena (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah media yang digunakan guru belum bervariasi dan memanfaatkan teknologi. Perlu adanya media supaya siswa dapat tertuju pada media dan memperhatikan hususnya pada mata pelajaran matematika yang masih menjadi momok menakutkan dan menegangkan bagi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). media pembelajaran berupa video dengan berbantu aplikasi sparkol videoscribe. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, angket,dan  dokumentasi. Hasil analisis angket validasi ahli media sebesar Kevalidan media menunjukkan bahwa media layak digunakan dengan memperoleh skor dari ahli media sebesar 94,11% hal ini termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dan menurut ahli materi memperoleh skor 82,14% dan termasuk dalam kategori “sangat baik”Kepraktisan media dapat diperoleh tanggapan dari guru kelas IV Sekolah Dasar dengan memperoleh skor 87,5% hal ini termasuk dalam kategori “sangat baik” “Sangat Menarik”. Angket minat siswa memperoleh presentase 87,5 dan termasuk dalam kategori. “sangat setuju”.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media pembelajaran rumat (rumus matematika) dengan menggunakan aplikasi sparkol videoscribe dapat digunakan dengan baik dan menjadi salah satu alternative media  untuk guru dalam mengajar.Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Sparkol videoscribe, media pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...