Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 3, No 2 (2024)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI IPAS BERBASIS STEAM UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA

Munir, Fasyiyya Fazla Kamaliya (Unknown)
Wijayanti, Arfilia (Unknown)
Prasetyo, Singgih Adhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran interaktif materi IPAS untuk menumbuhkan kemandirian siswa kelas V SD Negeri 2 Mulyoharjo Jepara yang ditinjau dari proses pengembangannya serta didukung oleh respon praktisi dan respon siswa. Metode penelitian ini yakni penelitian dan pengembangan (research and development) yang melalui tahapan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif yang telah melalui proses validasi dari para ahli materi dan ahli media, serta mendapat respon dari guru dan siswa. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 95,6% dengan kategori “sangat layak” dan validasi ahli media menunjukkan persentase 97,14% dengan kategori “sangat layak”. Validasi dari praktisi menunjukkan persentase 95,85% yang juga dalam kategori “sangat layak”. Angket respon guru yang menunjukkan persentase 95% dengan kategori “sangat layak” serta respon siswa yang menunjukkan persentase 99,3% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hal tersebut, maka dinyatakan bahwa media pembelajaran interaktif materi IPAS berbasis STEAM mampu menumbuhkan kemandirian belajar siswa serta sangat praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...