Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran interaktif materi IPAS untuk menumbuhkan kemandirian siswa kelas V SD Negeri 2 Mulyoharjo Jepara yang ditinjau dari proses pengembangannya serta didukung oleh respon praktisi dan respon siswa. Metode penelitian ini yakni penelitian dan pengembangan (research and development) yang melalui tahapan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif yang telah melalui proses validasi dari para ahli materi dan ahli media, serta mendapat respon dari guru dan siswa. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 95,6% dengan kategori “sangat layak†dan validasi ahli media menunjukkan persentase 97,14% dengan kategori “sangat layakâ€. Validasi dari praktisi menunjukkan persentase 95,85% yang juga dalam kategori “sangat layakâ€. Angket respon guru yang menunjukkan persentase 95% dengan kategori “sangat layak†serta respon siswa yang menunjukkan persentase 99,3% dengan kategori “sangat layakâ€. Berdasarkan hal tersebut, maka dinyatakan bahwa media pembelajaran interaktif materi IPAS berbasis STEAM mampu menumbuhkan kemandirian belajar siswa serta sangat praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024