Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 3, No 1 (2024): April 2024

PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 SISWA KELAS V SDN 2 GEDEBEG KABUPATEN BLORA

Sumiati, Siti (Unknown)
Suyitno, Suyitno (Unknown)
Ardiyanto, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Gedebeg Kabupaten Blora. Penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dengan jenis Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Gedebeg yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan Sampel Jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode (1) kuesioner, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara reward terhadap motivasi belajar siswa kelas V. Hal ini diperoleh melalui hasil analisis regresi linier sederhana melalui spss 26 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,036 0,05 dan memiliki Fhitung Ftabel yaitu 5,151 4,41 yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil analisis diperoleh koefisien determinasinya adalah ( 0,222) dalam hal ini rata-rata hasil motivasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh penerapan pemberian reward adalah 22,2 % dan sisanya 77,8 dipengaruhi oleh faktor lain dalam diri siswa.Kata Kunci: Reward, Motivasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...