Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam menerapkan budaya Literasi Fisik siswa kelas 2 di SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian yang dilakukan peneliti yaitu melakukan analisis peran guru dalam menerapkan budaya Literasi Fisik siswa kelas 2 di SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) wawancara, (2) observasi, (3) angket, dan (4) dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas II, guru PJOK dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian siswa kelas II belum memiliki kebiasaan menerapkan aktifitas fisik secara melek fisik. Maka guru perlu mengembangkan supaya siswa mempunyai ketrampilan untuk bisa beraktifitas fisik, mempunyai kepercayaan diri untuk berpatisipasi dalam aktifitas fisik, mempunyai pemahaman akan pentingnya hidup aktif dan sehat. siswa yang belum paham tentang pentingnya literasi fisik maka peran guru diharapkan dapat menerapkan aktivitas fisik dan menjaga kesehatan di sekolah.
Copyrights © 2022