Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh durasi bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1 Sadang. (2) mengetahui berapa besar pengaruh durasi bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1 Sadang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain ex post facto karena tidak ada perlakuan khusus pada variable bebas. Metode yang digunakan adalah korelasional untuk mengetahui hubungan atau pengaruh durasi bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1 Sadang. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar -0,902, artinya durasi bermain game online dan minat belajar memiliki hubungan yang sangat kuat. Tanda negatif (-) menunjukkan arah hubungan atau pengaruh yang berkebalikan, artinya jika durasi bermain game online meningkat maka minat belajar menurun. Hasil uji determinasi menunjukkan besarnya pengaruh dari durasi bermain game online terhadap minat belajar adalah 81,3%. Hasil uji hipotesis dengan uji z menunjukkan z hitung 3,83 z tabel 1,96 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya ada hubungan atau pengaruh yang signifikan antara durasi bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1 Sadang.
Copyrights © 2022