Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament  Menggunakan media Garis Bilangan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Ngaliyan Batang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament  menggunakan media Garis Bilangan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Ngaliyan Batang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan analisis awal dan akhir yang menggunakan uji normalitas , uji beda t-test dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data yang diujikan diperoleh thitung = 6,48. Kemudian dibandingkan dengan harga ttabelpada db = 29 dan taraf signifikan 5 % adalah 2,045. Kriteria pengujian hipotesis adalah H0 diterima apabila thitung ttabel. Pada hasil perhitungan diperoleh thitung ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar Pretest dan hasil belajar Post test. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa rata-rata hasil belajar Post test = 79,83 lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar Pre test = 57,17. Hasil uji linieritas diperoleh Fhitung = 2,8129 untuk taraf signifikan α = 5% dan dk = (1,28) maka nilai Ftabel = 4,20. Karena Fhitung Ftabel yaitu 2,8129 4,20 maka Ho diterima, sehingga persamaan regresi linier. Serta berdasarkan uji determinasi regresi linier sederhana diperoleh nilai r2 = 0,7811. Hal ini berarti pengaruh aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 78% sedangkan 22% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci: Team games Tournament, Media Garis Bilangan, Hasil Belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024