Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)
Vol 4, No 2 (2024)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN BERBASIS APLIKASI KELAS V SEKOLAH DASAR

Nenden Mutya Zahrain (Universitas PGRI Semarang)
M. Yusuf Setia Wardana (Unknown)
A.Y Soegeng Ysh (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2024

Abstract

Pembelajaran pengembangan perlu dilakukan karena pengajaran sebelumnya sebagian besar dilakukan secara online, dengan buku dan papan tulis masih digunakan sebagai alat pengajaran. Hal ini menyebabkan motivasi siswa menurun dan rasa bosan sehingga masih banyak siswa yang belum memahami materi. Untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan perkalian dan pembagian pada materi pecahan, penelitian bertujuan untuk: (1) mengkaji dan menganalisis media pembelajaran Rima; (2) mengembangkan aplikasi media pembelajaran Berima (berhitung) berbasis karakteristik; dan (3) mengetahui keefektifan dan kelayakan media pembelajaran Diamond (pembelajaran perkalian dan pembagian) untuk pembelajaran berbasis aplikasi Kelas V. Pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE  analysis, design, development, implementation, and development adalah metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan di Kecamatan Tembalang Kota Semarang di MI Al Hikmah. Data penelitian ini berasal dari wawancara dan observasi. Hasil uji praktikalitas respon guru sebesar 100% (sangat layak), rata-rata hasil uji validitas ahli media sebesar 97% (sangat layak), rata-rata hasil uji validitas ahli materi sebesar 100% (sangat layak), dan respon siswa sebesar 96% (sangat layak). Setelah melalui beberapa tahap pengujian kelayakan dan kevalidan maka media Berima dapat dimasukkan ke dalam pembelajaran dikelas dan di rumah untuk mendukung pembelajaran siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Literasi ( Jurnal Pendidikan Dasar) is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic ...