Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (4)

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Inovasi Pembelajaran SKI Berbasis Smart TV di MTs Irsyadun Nasyi’in

Muflihah, Muflihah (Unknown)
Puspita W, Dhevin MQ Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Dalam era kemajuan teknologi, media pembelajaran mengalami perubahan signifikan, salah satunya melalui penggunaan Smart TV di lingkungan pendidikan. Teknologi ini telah terbukti meningkatkan aksesibilitas, keterlibatan, dan motivasi belajar siswa. Namun, penelitian sebelumnya lebih banyak difokuskan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau mata pelajaran umum. Pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs), materi sejarah sering dianggap membosankan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan Smart TV terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Irsyadun Nasyi'in. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi terkait penggunaan Smart TV dalam pembelajaran SKI. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian, dan verifikasi untuk memastikan keabsahan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Smart TV secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa lebih tertarik dan terlibat dalam proses pembelajaran, terutama dengan penggunaan aplikasi pendidikan seperti Wordwall dan video interaktif dari YouTube. Sebagian besar siswa menjadi lebih termotivasi dan antusias dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, mereka juga menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi yang disampaikan. Hal ini menunjukkan bahwa Smart TV dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif, serta membantu siswa dalam memahami materi secara lebih mendalam. Kesimpulannya, Smart TV dapat menjadi inovasi yang efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa pada pembelajaran SKI di tingkat MTs.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...