Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran memainkan alat musik polopalo melalui metode drill pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tilamuta. Dalam proses pembelajaran, diperlukan metode pembelajaran yang dapat membantu memudahkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini berangakat dari adanya permasalahanĀ  yang didalam kelas musik khusnya pada polopalo tradisional. Dalam pelaksanaan pembelajaran musik tradisional penelitian ini merupakan pembelajaran memainkan alat musik polopalo pada siswa kelas VIII, peneliti menggunakan metode drill, yaitu metode yang menekankan pada latihan yang berulang-ulang secara terus menerus, untuk menguasai kemampuan atau keterampilan tertentu. Untuk dapat menguasai teknik bermain polopalo yang merupakan alat musik bersifat perkusi melodis, siswa harus dapat menguasai pemahaman tentang tinggi rendahnya nada, ritme, dinamika, tempo, hingga akor dan harmoni. Dari 9 peserta didik yang menjadi sampel dalam praktek memainkan polopalo ini, 5 orang peserta didik mendapatkan perolehan A dengan rentang skor 91-100, dan 4 orang peserta didik lainya mendapatperolehan kategori BĀ  dengan rentang skor 83-90. Dari hasil teakhir tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran polopalo melalui metode drill pada siswa kelas VIII dapat memaksimalkan pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran musik tradisional polopalo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024