Jurnal Pendidikan Impola
Vol. 1 No. 2 (2024): NOVEMBER

Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 24 Bekasi

Anita Ayu Lestari (Unknown)
Haryanti, Ade Siti (Unknown)
Permana, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Experiential Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian posttest-only control group design. Dengan jumlah populasi sebanyak 391 siswa, sampel penelitian berjumlah 50 siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian. Dengan model Experiential Learning diharapkan siswa dapat menulis teks deskripsi dengan baik. Hasil penelitian berdasarkan uji t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa, nilai thitung > ttabel(11,25 > 1,67722) maka ditolak dan diterima, hal ini berarti terdapat pengaruh pengunaan model pembelajaran experiential learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 kota Bekasi, dibuktikan dengan nilai rata-rata tinggi sebesar 80 menggunakan model experiential learning dibandingkan dengan nilai rata-rata sebesar 62 dari hasil pembelajaran tanpa model tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Impola is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by PT. Impola Toba ...