Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalan metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi 391 siswa, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitianadalah 50 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling, instrumen yang digunakandalam penelitian ini adalah lembar penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasiluji t dengan nilai maka ditolak dan diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan media audiovisual terhadap terhadap kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Kota Bekasi, karena dengan media audiovisual menghasilkan rata-rata yang lebih tinggi sebesar 77 dibandingkan dengan nilai rata-rata dari hasil pembelajaran yang menggunakan media gambar sebesar 64. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, ditemukan adanya perbedaanyang signifikan antara kemampuan siswa menulis teks prosedur dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Bekasi. Dengan demikian, media pembelajaran audio visual merupakan salah satu faktor dari peningkatan kemampuan siswa untuk menulis prosedur pada siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024