ECJ: Early Childhood Journal
Vol. 1 No. 1 (2020)

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUALTERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK CENDRAWASIH SAMARINDA

Muh. Amir Masruhim (Universitas Mulawarman)
Elin (Unknown)
Evie Palenewen (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Media audio visual merupakan media yang dapat menstimulus perkembangan kemampuan kognitif anak dengan anak mampu mengenal benda berdasarkan warna dan bentuk, menyebutkan benda berdasarkan warna dan bentuk, dan mengklasifikasikan benda berdasarkan warna dan bentuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media audio berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen jenis one group pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini adalah 35 anak dengan sampel sebanyak 10 anak. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data uji statistik. Berdasarkan hasil perhitungan setelah diberi perlakuan meningkat hingga 45,1%, pada awal saat pretest perkembangan kognitif anak 40,18%, kemudian pada saat postest meningkat jadi 85,28%. Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media audio visual memberikan pengaruh terhadap perkembangan kognitif anak kelas B1 usia 5-6 Tahun di TK Cendrawasih Samarinda.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ecj

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Public Health Other

Description

Early Childhood Journal (ECJ): The Early Childhood and Parenting Studies Journal (e-ISSN 2723-2395/ecj) publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage . The articles of this ...