Teknologi telah memberi pengaruh terhadap kemajuan pembelajaran matematika. Salah satunya, dapat membantu guru berinovasi dalam media pembelajaran. Inovasi media pembelajaran matematika dapat diterapkan dengan memanfaatkan software Cabri 2D untuk materi bidang datar. Selain memanfaatkan teknologi, guru harus membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika materi bidang datar dengan media pembelajaran Cabri 2D danmedia konvensional serta motivasi belajar siswa. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen treatment by level 2x2. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 1 Cibinong dengan populasi seluruh siswa kelas 7 dengan kelas sampel adalah 7.2 sebanyak 40 siswa dan kelas kontrol adalah 7.1 sebanyak 40 siswa. Masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol dibagi menjadi dua kategori siswa berdasarkan tingkat motivasi belajar tinggi dan rendah. Pada akhir pembelajaran diberikan tes akhir matematika materi bidangdatar. Hasil dari penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media Cabri 2D lebih tinggi dibandingkan kelas konvensional. Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi juga lebih baik dibandingkan siswa dengan motivasi rendah. Sehingga, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar materi bidang datar.
Copyrights © 2021